Mengkritisi makalah-Tugas UTS

Setelah membaca, mengamati, dan menganalisis makalah tersebut, maka saya sampaikan catatan terhadap makalah sebagai berikut:

SEGI TULISAN
Terdapat beberapa kesalahan yang perlu diperbaiki seperti pada penomoran lembar pendahuluan, kesalahan pengetikan, pemilihan kata yang kurang tepat, peletakkan tanda baca, huruf kapital, dan ketidakhematan kata.
Dalam pedoman penulisan karya ilmiah penomoran halaman pada lembar pendahuluan terletak di tengah bagian bawah halaman
Kesalahan pengetikan seperti pada kata ternyata.
Pemilihan kata yang kurang tepat seperti yang terdapat pada kalimat keadaan negeri Najd, Hijjaz dan sekitarnya pada awal pergerakan tauhid sangat memperihatinkan. Krisis Aqidah, akhlak serta merosotnya tata nilai sosial, ekonomi, dan politik sudah mencapai titik kulminasi
Peletakkan tanda baca koma setelah kata oleh karena itu seperti yang terdapat pada kalimat oleh karena itu, ia menentang keras kebiasaan praktik Islam bangsa Arabia
Penggunaan huruf kapital seperti pada kata Al-Qur’an.
Ketidakhematan kata seperti yang terdapat pada kalimat tokoh yang dijuluki sebagai bapak tajdid (reformasi Islam) ini, sering melontarkan kritik tajam kepada teologi, sufisme, para filosof dan teologi ’Asy’ari.

SEGI ISI
Ketidaksesuaian antara judul dan isi seperti yang tertera pada judul” Tempat dan Tarikh Lahir ” seharusnya penjelasannya berisi seputar tempat dan tarikh lahir Abdul Wahab tetapi pada makalah tersebut, terdapat penjelasan tentang wafatnya Muhammad bin Abdul Wahab. Selain itu, pada judul ”Pendidikan dan Pengalamannya” seharusnya penjelasannya berisi seputar riwayat pendidikan dan pengalamannya, akan tetapi pada makalah tersebut lebih dominan menjelaskan masa kecil dari Abdul Wahab.
”Nama Lengkap, Tempat dan Tarikh Lahir, Pendidikan dan Pengalamannya” judul tersebut bisa disatukan dan diubah judulnya menjadi Masa Kecil Abdul Wahab.
”Belajar di Makkah, Madinah, dan Basrah” judul tersebut dapat diubah menjadi Riwayat Pendidikan.
Ketidaksesuaian antara judul dan isi seperti yang tertera pada judul “Wafat” seharusnya penjelasannya berisi tentang wafatnya Abdul Wahab. Namun, dalam makalah tersebut terdapat penjelasan tentang riwayat hidupnya
Pada paragraf ketujuh pada judul ”2.Gerakan Pemurnian Wahabi” maknanya kurang jelas.

SEGI PENUTURAN
Akan lebih baik apabila urutan penuturan pada makalah tersebut diubah menjadi:
1.Pendahuluan
2.Biografi Muhammad bin Abdul Wahab
3.Pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab
4.Gerakan Pemurnian Wahabi
5.Dampak Gerakan Pemurnian Wahabi

Penjelasannya kurang sistematis sehingga untuk dapat memahaminya pembaca harus membaca berulangkali.

0 komentar: